Kamis, 12 Juli 2018

Asal Usul Bendera Nusantara

Ada banyak ragam bendera bangsa di dunia ini, pernahkah terlintas di pikiran kita bahwa masing-masing warna atau gambar yang terdapat di bendera setiap bangsa mengandung arti, nilai dan kepribadian tersendiri, sesuai dengan riwayat sejarah bangsa tersebut?

Kita sebagai bangsa yang mendiami wilayah Nusantara mencoba mencari tau dari mana asal mula bendera bangsa kita berasal, lantas apa arti yang terkandung dari bendera itu dan mengapa bendera kita berwana merah dan putih?

Kali ini kami dari JTYmedia akan memaparkan infografik Asal Usul Nendera Nusantara. Diharap infografik ini akan memberi penerangan tentang sejarah bendera Nusantara yang saling berkaitan erat. Selepas ini harapannya kita lebih arif dengan sejarah bendera dan signifikannya warna merah putih.


Bendera Kemaharajaan Majapahit
Ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Warna merah mirip dengan warna gula jawa/aren dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Nusantara.

Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (Umbul-Umbul Getih Getah Samudra), ternyata Majapahit mempunyai bendera kerajaan yaitu bendera Merah-Putih dan prajurit Majapahit dinamakan Prajurit Gula Kelapa.

Gula Kelapa itu berwarna merah dan terbuat dari sari buah kelapa yang berwarna Putih. Ada juga yang menyebutkan bahwa prajurit Majapahit dinamakan Prajurit Getih-Getah seperti yang kita ketahui bahwa Getih itu berwarna Merah dan Getah berwarna Putih.



Menurut sejarah, Bangsa yang sekarang mendiami Indonesia, memasuki wilayah Nusantara ketika terjadi perpindahan orang-orang Austronesia sekitar 6000 tahun yang lalu datang ke Indonesia Timur dan Barat melalui tanah Semenanjung dan Filipina.

Pada zaman itu manusia memiliki cara penghormatan atau pemujaan terhadap matahari dan bulan.
Matahari dianggap sebagai lambang warna merah dan bulan sebagai lambang warna putih. Zaman itu disebut juga zaman Aditya Candra. Aditya berarti Matahari dan Candra berarti Bulan.

Pada zaman itu ada kepercayaan yang memuliakan zat hidup atau zat kesaktian bagi setiap makhluk hidup yaitu getih-getah. Getih-Getah yang menjiwai segala apa yang hidup sebagai sumbernya berwarna merah dan putih.

Getih (dalam Bahasa Jawa/Sunda) berarti darah (berwarna merah), yaitu zat yang memberikan kehidupan bagi makhluk hidup, dan Getah tumbuh-tumbuhan berwarna putih. Demikian kepercayaan yang terdapat di Kepulauan Austronesia dan Asia Tenggara.

Adapun makna dari bendera Merah-Putih ada dua yaitu Merah berati berani dan Putih berarti suci, belakangan ini ada juga yang menyebutkan bahwa Merah-Putih itu lambang dari Manusia yang berasal dari darah (merah) dan tulang (putih) yang menyatu dalam jiwa raga kita.

Bendera British East India Company (EIC)
Bendera Perusahaan Hindia Timur Britania (British East India Company) digunakan antara 1600 dan 1874. Bendera EIC pernah mengalami 3 kali perubahan dengan jalan terbentuknya Kerajaan Bersatu Britania Raya (UK). Pada awalnya desain bendera adalah 5 garis berwarna merah dan 4 garis berwarna putih dengan tambahan bendera inggris di sudut atas sebelah kiri, garis merah-putih tersebut diadopsi dari Umbul-Umbul Getih Getah Samudera panji Kerajaan Majapahit karena pada saat itu pengaruh Majapahit masih kental di wilayah Nusantara. Bendera itu kemudian diperbarui dengan perubahan dari bendera Great Britain ke Union Jack pada 1707 dan diubah kembali diganti dengan Union Jack setelah terbentuknya Kerajaan Bersatu Britania Raya (UK).

Bendera Amerika Serikat (USA)
Pada tanggal 1 Januari 1776, pasukan Jenderal George Washington mengepung Boston yang berada di bawah kendali Inggris. Ia memerintahkan pengibaran bendera Grand Union/Continental Colors, yang memiliki 13 garis merah dan putih berselang-seling dengan tambahan bendera Great Britain di sudut kiri atas. Pada bulan Mei 1776, Betsy Ross mengaku telah menjahit bendera Amerika pertama dengan tangan, meskipun klaim itu tetap tidak terbukti. Pada tanggal 14 Juni 1777, Kongres Kontinental meluluskan Flag Act pertama, yang secara resmi menciptakan bendera Amerika, dengan 13 garis dan bintang. Ditinjau dari sejarahnya, asal mula bendera Amerika Serikat yaitu bendera Grand Union/Continental Colors yang diadopsi dari bendera British East India Company (EIC). Ketahuilah, bendera British East India Company (EIC) bersumber dari pada bendera Kerajaan Majapahit,  pada saat Inggris menjajah wilayah Nusantara ketika itu pengaruh Majapahit masih kental setelah runtuhnya Majapahit itu sendiri. Lalu apa hubunganya Amerika Serikat, Inggris, dan Nusantara? Amerika Serikat dahulu adalah bekas wilayah jajahan Inggris yang tergabung dalam British East India Company.

Bendera Indonesia, Malaysia, dan Singapura




Terbaru
Pos Selanjutnya

Ditulis Oleh:

1 komentar:

  1. YUK ! GABUNG BERSAMA KOMUNITAS VIPBandarQ
    Semua Bisa Anda Dapatkan di VIPBandarQ
    Kami Menyediakan Promo dan Bonus Menarik Untuk Anda Semua

    8 GAMES DALAM 1 USER ID
    BANDARQ | ADUQ | DOMINO99 | POKER | BANDAR POKER | CAPSA SUSUN | SAKONG | BANDAR66

    BIG & HOT PROMO !
    - Bonus Rollingan 0,3 % -
    - Bonus Referral Up To 15 % -

    Manjakan Diri Anda Dengan Fasilitas Termewah :
    - Pelayanan Customer Service yang Ramah dan Professional serta Siap Membantu 24 Jam
    - Proses Deposit dan Withdraw Super Cepat
    - 100 % Fair Play (Player vs Player , No Robot)
    - Withdraw Tanpa Batas

    Di Support 5 Bank Terbesar dan Ternama
    • BCA
    • MANDIRI
    • BNI
    • BRI
    • DANAMON

    CONTACT US :
    BBM : 55AB0E6C
    Line : vvipbandarq
    WhatsApp : +6285327913041
    Skype : VIP Bandar Q
    Instagram : vipbandarq9
    Twitter : VIP_bandarQ


    Your Number #1 BandarQ Online Indonesia

    LINK ALTERNATIF :
    - vipbandarq.biz
    - vipbandarq.org
    - vipbandarqq.net

    BalasHapus